library’ kompi & international student

sudah nggak asing kalo perpustakaan disini difasilitasi dengan komputer+internet dalam jumlah yang lumayan banyak. tetapi dengan jumlah mahasiswa yang masih cukup banyak, kadang komputer2 yang ada masih kurang, bahkan untuk memakai komputer2 itu mahasiswa harus rela antri yang kadang sampai 3 meter (10an orang lah) di ruang komputer utama. sebagai gambaran, ruang kompi di perpus monash clayton dipisah dengan sekat2 plus meja komputer yang lumayan luas, jadi setiap mahasiswa terjaga privasi-nya ketika mengerjakan tugas, jumlah komputernya belum ngitung, tapi adalah kira2 60-70 kompi, ini daerah paling rame, karena memang letaknya persis didepan pintu masuk dan nggak perlu susah2 naik tangga.

setiap hari ini ruangan penuh, bahkan sebelum perpustakaan buka (jam 8.30) banyak mahasiswa yang sudah antri dipintu masuk perpus (gw pernah juga kok), semakin pagi berangkat, semakin menemukan posisi yang paling nyaman. nah biasanya para morning user neh memang buat make kompi untuk jangka panjang dan buat keperluan bikin tugas, misalnya neh dari jam 8.30am-4pm sore, atau bahkan sampai tutup jam 9pm. enaknya bikin tugas disini, pikiran nggak terganggu alias konsen, bisa sambil denger musik kalo suntuk, cek mail, posting blog, denger kuliah online, dll. ditambah lagi, pas jam makan siang, kita masih bisa pergi tanpa kehilangan kompi (tapi jgn lama2, nggak enak juga), bisa bawa kue2 plus minum2an, dan yang paling asik lagi bisa ketemu teman2 seperjuangan dan ngrumpi ngalor-ngidul pas lagi jenuh.

sejak minggu lalu, ujian akhir sudah mulai, meja2 kompi sudah mulai agak sepi (dalam artian nggak antri panjang), karena mahasiswa sudah pindah ke meja2 belajar bersama (diskusi), sama seperti area kompi tadi, siapa cepat dapat meja belajar, 1 meja bisa dihuni 4-6 orang (idealnya), mejanya ada banyak. nah kejadiannya kemaren siang, ketika ada sekelompok international students (baca asia yak) lagi belajar bersama dan ngambil meja paling dekat sama komputer, lumayan berisik secara mereka belajar 6 orang. gw juga duduk di meja dekat komputer (dengan asumsi, kalo suntuk belajar  bisa langsung make komputer yang kosong), nah ternyata ada satu komputer yang lokasinya paling ujung lagi idle plus kursi-nya nggak ada (kayaknya mereka mindahin kursinya), awalnya gw nggak ngeh, tapi memang sambil lalu gw perhatiin tiap mahasiwa yang menghampiri komputer itu, pasti balik lagi, dan itu nggak sekali dua kali, nah gw jadi bertanya2 ada apakah dengan tuh komputer kok nggak ada yang make (apakah gara2 nggak ada kursi? tapi kan bisa ambil disebelah), tapi tiap ada yg mau make dan sudah nyampe sana, eh nggak jadi make. akhirnya pertanyaan gw terjawab sudah, ngak berapa lama, ada oz student yang belajar dimeja sebelah gw, sambil membawa kursinya menghampiri si komputer bermasalah tadi, ternyata dari meja seberang (tempat international students duduk2 sambil ketawa2) bilang ‘xcuse me, i use that computer’, si oz jawab, ‘but you’re not using it’ …si international students jawab ‘i’ll use it later, but whatever’…akhirnya si oz berhasil make si kompi….ooo jadi ceritanya gitu yak, demi mendapatkan komputer, sampe make cara2 yang nggak etis gitu, sign-in tapi nggak dipake, dipake pas lagi butuh, entah itu 1,2,atau 3 jam kemudian, jadi orang lain yang memang bener2 butuh nggak bisa make komputer itu karena mereka menghormati si ‘pemakai’ tapi ternyata sipemakai malah payah. dan kayaknya si oz student tadi gerah ngelihat kejadian itu, jadi dia ambil inisiatif buat confront ke para intl students tadi. dan selama gw perhatiin juga, mereka nggak lebih cuma ngerame2in ruang belajar dan banyak ketawa2 sambil cerita2nya daripada belajarnya…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: