The power of famous five

Famousfive3Sebenarnya dikeluarga tidak ada budaya membaca yang kuat, tetapi entah mengapa sejak SD saya sudah berkenalan dengan perpustakaan dan suka sekali meminjam buku diperpustakaan sekolah, meskipun masih sebatas buku-buku cerita. Dan sejak dari SD saya selalu memiliki angan-angan ingin bersekolah ke luar negeri, tetapi saat itu belum tahu kemana tujuannya. Sejak masuk SMP yang lokasinya di pusat kota, kegiatan ke perpustakaan semakin meningkat terutama ke perpustakaan umum, dan disinilah saya berkenalan dengan pengarang novel anak-anak asal Inggris enyd blyton. Saya sering membaca koleksi enyd blyton terutama lima sekawan (famous five), bahkan saya selalu mencari edisi lima sekawan lainnya.

Meskipun tidak ingat secara pasti, novel lima sekawan mana yang saya baca pertama kali, tetapi saat itu yang muncul dibenak saya ketika membaca buku tersebut adalah bagaimana keceriaan, petualangan, dan keindahan suasana desa-desa di Inggris digambarkan melalui cerita-cerita. Bahkan ada cerita yang sangat menarik yakni kegiatan berkemah dibukut-bukit, bersepeda, misteri, dan piknik, kue-kue, acar bawang, ice-cream, dan kebandelan-kebandelan tentu saja. Diceritakan juga Inggris adalah negara yang menarik, hangat, ramah, dan penuh petualangan. Seringkali saya mendapatkan inspirasi dari cerita-cerita tersebut, kegiatan outdoor terutama, karena kebanyakan kegiatan yang dilakukan oleh lima sekawan adalah kegiatan luar rumah yang penuh dengan keceriaan.

Sampai saya menginjakkan kaki dibangku kuliah saya masih senang membaca-baca kembali karya-karya enyd blyton tersebut, ditambah dengan koleksi novel lainnya yang tidak kalah serunya. Dan ketika saya memiliki kesempatan untuk melanjutkan post-graduate program ke Australia, saya pun tidak ketinggalan untuk mengoleksi novel-novel enyd blyton dengan versi bahasa Inggris. menurut saya, ini akan menjadi bacaan wajib bagi anak-anak saya nantinya. Karena banyak hal yang ditawarkan oleh novel tersebut, dan imajinasi kita untuk melihat dunia luar sangat tergambar dengan jelas disini.

Tentu saja, ini adalah salah satu motivasi yang kuat untuk melihat dunia luar (apakah sama dengan yang ada dicerita), sekolah asrama dan kemandirian sangat kental disana. Enyd blyton memberikan motivasi tanpa lekang oleh waktu melalui cerita-ceritanya yang semuanya memberikan nuansa positif, dan sampai saat ini saya masih sangat berharap memiliki kesempatan untuk melanjutkan studi ke Inggris, dan merasakan petualangan ala lima sekawan.

photo from: wikipedia

Blog Competition Banner

Advertisements

Tagged:

2 thoughts on “The power of famous five

  1. […] , Puji S. Wijaya , Raut Bonita , Unee Adisti , Yusuf Abdulwahid , Azrul Makarim , Yuli Ana , Nove E. Variant , Erna M. Manna , Sari Alessandra , Bertha Diana , Ambar Arum , Ditra Purna Masyitah , Garindra […]

  2. Nurul December 16, 2011 at 9:12 pm Reply

    Wah..saya paling suka tulisan ibu yang ini. Saya sempat menemukan Novel tersebut di perpustakaan daerah sidoarjo. Waktu itu saya masih duduk di SMP. tapi karena kondisi novel yang usang, beberapa halaman yang sudah hilang entah kenapa. Jadilah buku tersebut tidak jadi kubaca, wah ternyata kayaknya cukup menarik ya untuk di baca saat santai. :)…terus berkarya ya bu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: