satelite meeting-day1

wow, setelah tidur hampir 8 jam (kebayang yak, dari jam 4 sore-jam 1 tengah malam waktu sini) . jam 6.30 pagi aku sudah siap mau sarapan, sarapan model buffet, yang terdiri dari meja roti-rotian (berbagai macam roti ada disana), aneka isiannya, ada macem-macem keju, mayonaise, margarine, salami, turkey, smoked beef, dan macem2 buah serta salad sayur, omelate swedish meatball, bacon, pancake yang ga kayak pancake malah mirip telur dadar, telur rebus. minumnya, berbagai jus, coffe and tea seperti biasa.

ketika sarapan inilah baru ketemu beberapa peserta konferensi yang nginep dihotel yang sama, jadi kenal sama kontingen fiji yang diwakili 2 orang akademik library bachelor dari curtin, nigeria yang ternyata seorang dosen lulusan LIS US, trus ada IL librarian dari puerto rico PhD dari US, pustakawan public library dari kazachtan, maroko, barbados, brazil, namibia, zambia, kepualauan karibia, pakistan, india, nepal, nah beberapa yang telah disebutkan di atas adalah para penerima grant untuk join di IFLA konference, dan kebanayakan topik omongan dimeja makan adalah soal kerjaan dan perjalanan, maklum baru hari itu ketemu. after had breakfast, kita janjian ketemu di lobby untuk berangkat ke satelite meeting bareng.

karena kota kecil, perjalanan dari hotel ke university of boras ga lama paling sekitar 5-10 menit dengan jalan santai, dan suasananya yang ga bisa dibeli. meski sebagian toko saat itu masih tutup (jam 8 pagi), jalanan masih sepi, tapi public transport sudah berkeliaran. dan diketahui kemudian ternyata kotanya memang sepi dan nyaman, bersih pula. cuaca pagi itu cerah meski agak gerimis dikit tapi belum dingin. nyampe di lokasi sudah berkumpul beberapa peserta yang ikut satelite meeting: global librarian. satelite meeting ini adalah konferensi khusus diluar conferensi IFLA yang membahas spesial interest dan disini adalah menjadi pustakawan global. pesertanya ga banyak paling 100an orang. disini ada registrasi dan ada complimentary drink, yang isinya yah hanya minum, dan makanan kecil (kalo di indonesia kueciill, saking ringannya hihi).

acara dimulai tepat pukul 9.30, dibuka dengan keynote speaker dari the shanachie tour yang terdiri dari 2 orang traveller dan tentu saja mereka pustakawan erik boekesteijn dan jaap van de geer. ide mereka adalah melakukan perjalanan keseluruh dunia untuk mengunjungi perpustakaan dan mengumpulkan best practices untuk memajukan perpustakaan, jadi perjaanan ini adalah tentang perpustaaan, dan dalam website mereka banyak cerita dan vieo mengenai perpustakaan yang telah mereka kunjungi. sangat menarik bagaimana jaap dan erik mengumpulkan berbagai macam inovasi mengenai perpustakaan yang ada diseluruh dunia untuk kemudian disharingkan dengan menggunakan web 2.0 jadi semua bisa memberikan ide, tanggapan, mengenai video mereka. jadi jika perpustakaan anda ingin dikunjungi atau ingin bersharing informasi, bisa langsung kontak mereka.

acara banyak disuguhi oleh pemutaran video-video dari hasil jalan-jalan mereka, dan tentu saja, sangat informatif dan aspiratif. jadi disini perpustakaan diharapkan mampu menjawab perkembangan user, dimana saat ini pengguna sudah sering berinteraksi dengan internet, social media, dan teknologi informasi lainnya, dan perpustakaan harus bisa memberikan lebih dari itu dimana perpustakaan memberikan kemudahan serta informasi yang mana orang akan mudah mengakases semudah mengakses internet, dan memaksimalkan penggunaan teknologi informasi web 2.0 social media untuk mendorong layanan perpustakaan.

Advertisements

Tagged: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: