Registrasi & city library tour, hari ke2

selasa, 10 agustus merupakan hari kedua digothenburg. yup, inilah hari pendaftaran ulang yang mana para peserta datang ke panitia registrasi untuk mendapatkan conference pack, yang isinya papan nama, buku agenda acara konferensi, peta kota gothenburg, notes, tas konferensi, buklet next ifla 2011 di purto rico, dan tak lupa voucher makan senilai 40 euro atau 350 krona.

paniatia pendafatran jumlahnya cukup banyak, kurang lebih 10 orang, jadi meskipun menumpuk tapi ga sampai antri panjang, so proses ini bisa dilalui dengan cepat. setelah itu para peserta diberi kesempatan satu kali untuk mengikuti guided tour ke perpustakaan yang tersebar di region gothenburg. perpustakaan yang dijadikan tujuan tidak hanya yang berada diseputaran kota, tapi sampai keluar kota juga.

dipendaftaran ini ketemu sama delegasi indonesia yang ternyata ada 11 orang, sebagian dari perpusnas, sebagain dari perpustakaan bandung (lupa perpustakaan apa), yah kalo dilihat-lihat mereka cukup kompak untuk ke konferensi bareng. cuma karena belum banyak kenal dan kayaknya mereka senior so kita ga mingle banyak.

oya, trip ke city library, wow, that was amazing, ibu-ibu guide-nya sangat ramah, speken english so well, kok setelah diarasa hampir seluruh pustakawan di swedia tuh bagus sekali bahasa ingrisnya. perpustakaan dengan konvension center cukup dijngkau dengan jalan kaki kurang lebih 10-15 menit (can you imagine?? aku jalan that far) lokasi gedungnya tepat di pojok pusat kota (betul-betul pusat kota, pusat atraksi, shopping precinct, dan dekat dengan patung apollo yang terkenal itu). nah kalo kita lihat semau perpustakaan kota yang ada di surabaya, cukup taruh agak kepinggir ajah heheh….

bangunannya biasa kalo dari luar, warna kuning kecoklatan khas batu bata dengan beberapa cendela kaca di sisi-sisinya. menurut si guide, perpustakaan ini didirikan oleh penulis buku anak-anak tekenal dari swedia, yup astrid lindgren (hmm jadi ingat pas kecil aku suka baca pipi kaus kaki panjang) jadi jangan heran kalo sampai sekarang perpustakaan masih amat sangat terkelola dengan baik dan saya rasa cukup mengikuti perkembangan user.

karena waktu itu belum buka (buka jam 10) jadi kita masuk lewat pintu karyawan, tetapi didepan pintu perpustakaan sudah banyak berkerumun pengunjung yang menunggu pintu dibuka. kita mulai jalan dilantai 1, disana ada koleksi untuk anak-anak yang tertata sangat un-usual, jauh dari rak-rak buku biasa, tetapi berbagai macam bentuk rak dan cara menata agar tetap rapi. koleksinya pun sangat banyak dan beragam, i just think, that indonesian children must be love it, dan akan sangat betah disana 🙂

tidak ada no klas disini, cuma ada barcode di belakang, nice. tapi nanti or kapan akan datang lagi to ensure penglihatanku. setelah itu kita moving ke accesible media section, disana banyak koleksi untuk disable person. dan jumlahnya amat sangat banyak, ada tactile buku dengan huruf braille disertai dengan bahan-bahan yang bisa disentuh jadi sangat cocok bagi para visual impaired person mereka bisa baca dan membayangkan benda yang dibaca melalui sentuhan. misalnya jika baca tentang burung yang berbulu, dibuku tersebut ada seperti apa bulu itu etc. kemudian ada daisy talking book, yakni buku text sekaligus suara, jadi para ibu ato orang tua bisa membacakan atau si anak bisa mendengarkan buku tersebut. ada buku dengan large tetx, nah ini juga sangat membantu para visual impaired. ada koleksi bagi para penderita disleksia, dan so on. user juga bisa mendownload talking book dari rumah, disediakan juga buku-buku yang mudah dicerna dengan tingkatan mudah, sedang, tinggi (ABC).

Advertisements

Tagged: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: