mobile libraries

dalam acara IFLA konferense ini, banyak sekai sesi-sesi menarik yang bisa dihariri, pameran berbagai macam produk yang berkaitan dengan perkembangan perpustakaan, dan tak kalah menariknya adalah pameran mobil perpustakaan atau biasa kalo di Indonesia disebut dengan perpustakaan keliling. Selama konferensi mobile library tersebut ikut dipamerkan dipelataran depan gedung konferensi. Ada beberapa mobile library yang terparkir setiap harinya dan datang dari berbagai macam daerah di luar gothenburg. Mobile library ini emang dikhususkan untuk melayani daernah luar kota yag emmang jauh dari public library.

Isi dari mobile library ini pun seragam secara kelengkapan, ada koleksi, pustakawan, serta sirkulasi desk. Bedanya hanya pada design pada masing-masing mobil yang memang satu dengan lainnya tidak ada yang sama. Warna mobilnyapun disesuaikan dengan kota dari mana mereka berasal dan nama kota/daerah biasa diadopsi sebagai nama mobile keliling mereka.

Sedangkan untuk koleksi juga sangat bervariasi dan dalam satu mobil bisa mengangkut kurang lebih 3000 koleksi buku, video, talking book, majalah, dan banyak lagi. Koleksi yang cukup banyak tersebut ditata sedemikian rupa dan sangat aestetik. Design rak, furniture, serta leay out yang menarik sehingga menjadikan mobile library ini menjadi tempat yang menarik tidah hanya bagi anak-anak namun bagi orang dewasa untuk memasuki dan browsing kemudian membaca / meminjam koleksi-koleksi tersebut.

Perpustakaan keliling ini biasa melayani perpustakaan sekolah disekitar daerah layanan perpustakaan keiling, banyak yang datang hanya sebulan dua kali di pagi hari, dan sore hari mengunjungi komunity untuk memberikan layana ke para orang dewasa. User bisa meminjam buku sebanyak yang mereka bisa bawa (bayangkan) dan bisa meminjam dalam waktu 4 minggu. Biasanya dalam setiap perpustakaan keliling dikelola oleh 3 pustakawan (the real pustakawan, bukan petugas pengantar buku), disana mereka bisa membimbing para pembaca.

bisa dibayangkan, betapa anak-anak akan suka memanfaatkan fasilitas peprustakaan, dan dengan berinvestasi dengan perpustakaan, maka kita akan mendapatkan hasil yang luar biasa di masa depan, that’s for sure.

Advertisements

Tagged: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: