penggunaan energi pada perpustakaan

Hari ketiga konferensi diisi dengan bayak sesi, dan sebetulnya yang menarik minatku tentang knowledge management. dan knowledge management mulai jam 1.45, so ga ada salahnya pagi-pagi ikut sesi preservasi ini. buat nambah pengalaman ilmu ajah.

karena ini konferensi pertama, jadi yah betul-betul tidak tahu apa yang terjadi di ruang konferensi. setiap hari dibagi dalam 4 jam yang berbeda. pagi, jam 8.30 waktunya plenary speaker, terus jam 9.30 biasa dipake sesi pertama, jam 1.45 sesi kedua, dan jam 4 sesi ketiga. dalam tiap sesi terdiri dari banyak sesi-sesi di ruangan yang berbeda. karena gothia center ini sangat besar, so kalo mau pindah dr satu sesi ke sesi yang lain sangat jauh, kecuali sesi-nya bersebelahan.

ok pagi ini, sesi konferensi pertama, dengan topik besar preservation and conservation. Acara dibuka oleh keynote speaker tentang Fossil depletion and library economy oleh kjell aleklet. topik ini berkenaan dengan penggunaan energi, fuel, gas dan hubungannya dengan ekonomi perpustakaan. dan bagaimana perpustakaan dimasa depan bisa bertahan dengan semakin langkahnya bahan bakar yang dijadikan sebagai energi untuk menjalankan perpustakaan, seperti listrik, komputer, dll. Dilain pihak perpustakaan meruakan entiti yang sangat penting, dan disebutkan juga bahwa saat ini penggunaan energi semakin menigkat. dunia/masyarakat sudah adicted to oil. pembicara mencontohkan  berapa energi yang dihasilkan oleh oil?? 50 liter oil sama dengan energi yang digunakan untuk  menarik 500 mobil ke puncak menara eifel. 50 liter sama dengan tenaga 1000 orang bekerja dalam sehari.

refleksi masa depan, memikirkan penggunaan energi pada perpustakaan. misalnya cooler, light, and heater, computer and so on adalah hal yang sangat mahal. Untuk kedepan perpustakaan diharapkan mampu menciptakan system yang ramah lingkungan dan menggunakan energi seefisien mungkin, sehingga bisa memangkas biaya untuk energi demi keberlangsungannya.

Advertisements

Tagged: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: