Love your environment

seberapa cinta kita pada lingkungan??well, jawabannya bisa macam-macam, tergantung awareness kita terhadap lingkungan, lingkungan sekitar, serta adanya aturan berkenaan dengan lingkungan. kalo kita lihat di indonesia, kecintaan terhadap lingkungan bisa dikatakan kurang, buktinya, banyak tempat-tempat kotor penuh sampah, sungai dan selokan mampat, polusi dimana-mana, dan penggunaan plastik yang berlebihan. itu hanya sebagian kecil contoh, dan ketika kita hidup didalamnya mungkin sudah merasa terbiasa dengan hal itu. when economic is the main concern. however, ketika pergi ke negara-negara maju, misalnya swedia, betapa mereka sangat mencintai lingkungan sangat terlihat.berikut adalah hal-hal yang bisa dilihat disini mengenai cinta lingkungan.

sepeda, banyak sekali ditemui orang menggunakan sepeda sebagai alat transportasi favorit, tidah perlu ketemu sepeda mahal-mahal, just usual bike. mereka juga sangat tertib ketika bersepeda yakni dengan menggunakan helm, bel dan rem yang aktif, dan melewati jalur sepeda. tentu saja pemerintah tidak tinggal diam, pesepeda ini difasilitasi dengan jalur sepeda yang cukup luas sepanjang jalan-jalan kota dan rural area.

jalan kaki, banyak orang yang suka jalan kaki untuk pergi ke satu tempat ke tempat yang lain, karena kanan-kiri sangat indah dan bersih serta jalan pedestrian yang aman menjadikan jalan kaki adalah kegiatan yang aman, nyaman, sehat, dan refreshing.

less of plastic bag, banyak toko-toko yang menyediakan paper bag (meski agak mahal, tapi ini adalah alternatif yang baik bagi lingkungan) atau para kasir selalu menanyakan perlu plastic bag atau tidak, dan seringkali mereka tidak menyediakan plastic bag.

recycle, kegiatan konferensi biasanya terkait dengan hal-hal mewah, tetapi disini ada pengalaman unik, ketika ada satelit meeting di boras, setiap peserta menerima name tag dengan talinya, dan apa yang terjadi, nama hanya ditulis pada kertas sisa dengan spidol, begitu juga dengan tali-nya. banyak menggunakan pinsil refill, so selain bisa long lasting tinggal isi, juga ga sering2 membuang bahan plastiknya.

air minum kemasan, wah jangan harap ketemu banyak jenis air minum kayak di indonesia, disini air tab ternyata bisa diminum, so mereka menekan produksi air minum kemasan untuk program cinta lingkungan. jadi jarang sekali melihat orang membawa botol minuman (unlike in melbourne). dan jangan harap ketemu toko-toko jual air minum kemasan kecuali di toko-toko besar. bungkus keripik kentang juga sebagian dari kertas, meskipun ada yang dari plastik juga.

itulah salah satu bentuk langkah kecil yang jika diterapkan sejak dini akan memberikan efek yang sangat significan in the future.

Advertisements

Tagged: , ,

4 thoughts on “Love your environment

  1. Heri August 16, 2010 at 8:31 pm Reply

    SO nice, pasti nyaman tinggal dikota/negara kayak gitu….damai aman tentram sejahtera πŸ™‚

  2. novevariant August 17, 2010 at 11:58 pm Reply

    ga juga om heri, buktinya aku jadi males kemana2 karena harus jalan, mana jauuuuuh. meskipun ada publik transport tapi kadang ga masuk jauh kedalam πŸ™‚
    jadi kangen sama becak…hihi

  3. adi-wiyono August 27, 2010 at 10:51 pm Reply

    Aku setiap hari, pergi-pulang kerja selalu ngonthel, Bu’… Hehehehe…

    Aku jadi mendambakan hidup di negera seprti itu. Negara yang ramah pada pesepeda dan lingkungan.

    Jalan kaki juga enak lho Bu’… Itung2 buat bakar lemak.. Wekekekek.. *Sambil lirik2 Bu’ Nove, siapa tau ngerasa.. :p

  4. novevariant August 27, 2010 at 11:34 pm Reply

    wah selamat, kalo ternyata masih ada orang yang kayak om adi. memang disini pesepeda masih terpinggirkan oleh mobil/motor/angkot…apalagi pejalan kaki. tapi tidak selamanya disini ga asik om adi, malah aku ngerasa surabaya lebih dinamis dan banyak ‘intrik’ hehe jadi semakin menantang πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: