Techno-lib

nah ini dia beberapa teknologi baru yang sedang marak digunakan di perpustakaan. bukan benar-benar baru, cum apengembangan dari teknologi yang sudah ada. jadi kalo ngomongin perpustakaan pasti ga jauh-jauh dari koleksi, storage, dan search system. nah teknologi yang berhasil diambil disini adalah soal ketiga hal tersebut. kalo di indonesia masih banyak cara-cara manual untuk shelfing, stock opname, dan penelusuran, nah disini sudah menggunakan system yang mana pustakawan tidak perlu lagi sibuk-sibuk shelving buku, atau searching, atau memproses buku-buku tersebut ke pengguna.

di Indonesia juga sudah ada yang namanya mandiri check out, disini sama juga, tetapi menggunakan teknologi self check out yang lebih canggih yakni dengan memanfaatkan RFID. kalo saat ini banyak perpustakaan yang menggunakan barcode dan electronic magnetic untuk pengenalan buku, disini menggunakan RFID yang jelas memberikan banyak manfaat. RFID beda dengan EM yang mana untuk membaca barcode harus didekatkan ke sinar laser yang nantinya akan mendisplaykan informasi mengenai buku ke komputer, tetapi dengan RFID tidak perlu mendekatkan RFID code ke sinar. penempatan RFID code-nya juga hampir sama dengan barkode. selain itu, dengan RFID buku-buku bisa didelegasikan ke tempat-tempat sesuai dengan shelfnya, jadi petugas tidak perlu mentrasportasikan koleksi tersebut. kemudahan untuk mengetahui koleksi hilang, dipinjam, atau salah letak akan sangat mudah dideteksi dengan mengunakan RFID reader ke koleksi yang ada di shelf.

sebetulnya ini menarik untuk digunakan, namun peprustakaan saat iniseperti berkejaran dengan teknologi, yang mana baru saja peprustakaan beralih ke sistem otomatis dengan memanfaat kan barcode, dan untuk perpindahan dari manual ke barcode ini bukan hal yang murah dan mudah, dan jika sebuah teknologi baru muncul lagi, maka perpustakaan harus menempatkan prioritasnya sebelum mengadopsi sistem terbaru meskipun sangat efisien. penghitungan biaya yang dikeluarkan serta keuntungan yang didapatkan perlu dipertimbangkan masak-masak. meskipun teknologi baru ini sangat bermanfaat, namun tetap saja belum bisa menjawab isu-isu pencurian/kehilangan buku, meskipun RFID code ditempelkan dengan sangat kuat dalam sampul buku, namun tetap saja itu bisa dirobek dan buku akan tidak terdeteksi.

peprustakaan besar seperti yang ada di buenos aires sangat terkesan dengan penggunaan RFID ini jika system ini mampu menekan tingkat perusakan/pencurian koleksi. namun sekali lagi, biaya yang dikeluarkan pun sangat mahal, dan sayangnya banyak perpustakaan yang baru saja memulai menggunakan barcode system sehingga kehadiran sistem sirkulasi dengan RFID masih dianggap amsih belum perlu.

selanjutnya adalah alat pembersih buku, nah menariknya adalah alat ini bisa membersihkan buku dari kuman dan bisa memberikan bau harum pada buku-buku tersebut. cukup masukkan buku yang anda inginkan ke dalam alat yang mirip kulkas dan tunggu selama 30 detik maka buku-buku akan aman dari kuman dan harum, itu kata-kata si penjual alat lho. alat yang harganya 5000 USD ini memang masih bukan priorita sutama bagi banyak perpustakaan, tapi patut dicoba karena perpustakaan umum dengan peminjam yang sangat beragam, akan sangat mudahnya menularkan virus/kuman melalui buku-buku tersebut.

mendengarkan musik sambil duduk-duduk sudah sering, tetapi bagaimana jika musik keluar dari si kursi?? ini adalah kursi yang menarik banyak minat pengguna perpustakaan, tidak hanya anak-anak mungkin tetapi orang dewasa. pengguna bisa mendengarkan talking book, cd lagu-lagu serta main game di kursi ini tanpa harus mengganggu orang lain. pengguna akan langsung bisa mendengarkan musik ketika duduk di kursi tersebut. so much comforting.

Singing Chair

Advertisements

Tagged: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: