It’s a weird world

Berawal dari permintaan departemen ke semua penggiat LIS baik yang praktisi maupun akademisi, dan peneliti, baik tokoh-tokoh LIS di Indonesia dan luar negeri. Akhirnya aku kontak teman-teman waktu di IFLA kemaren, dan satu orang sudah ok untuk mengirim artikel untuk dimuat di jurnal akhir desember kemaren. Jurnal sudah tercetak, dan sudah saatnya donk kita bagi-bagi hasil jurnal kepada seluruh penulis, dan minggu lalu aku coba kirim jurnal offline (kalo online sebetulnya sudah ada, maksud hati kasih kenang-kenangan)…

Jurnal sudah dibungkus rapi pake amplop coklat, alamt sudah ditulis jelas tujuan San Juan Puerto Rico (yang kebetulan juga menjadi host IFLA 2011). AKhirnya nyuruh sodara buat titip diposin lewat PT posindo (dengan asumsi bisa hemat bin murah), tapi siang-siang aku ditelp sama sodara yang ngirim via pos tanya: eh ini negaranya apa namanya?? lha padahal sudah tertulis dengan jelas puerto rico gitu, jawabku. Terus ditanya lagi, lho kotanya?? kotanya yah San Juan itu. Akhirnya telp ditutup, dan ga berapa lama lagi ditanya, mang puerto rico dimana?? aku kaget hah, ga tahu puerto rico??petugas pos gitu loh…harusnya kan hapal peta buta haha…akhirnya aku jawab di amerika latin. Akhirnya telp ditutup lagi dan katanya masih dicari. Karena aku ga sabar 10 menit kemudian aku telp, gimana??sudah ketemu belum?? dijawab dengan ‘masih dicari’. 10 menit telp lagi, ‘sudah ketemu belum’, dan jawabannya masih sama ‘masih dicari’. dan akhirnya setelah 3x nelp, dibilang tidak ada dan aku diuruh datang sendiri buat nge-posin itu jurnal.

Nyampe rumah, rasa penasaranku muncul, akhirnya browsing di website PT pos dan lihat daerah pengiriman internasional, disana tertulis hampir melayani 200 negara (wow), setelah masuk huruf P, yang muncul (Pakistan, Panama, Papua New Guinea, Paraguay, Peru, Philipina, Portugal, Poland) lha mana Puerto Rico?? masak kelewat, ato punya nama lain??. Yang bikin keran, negara macam Tonga yang penduduknya cuma 100.000 dan tidak ada traffic light (lha ga nyambung), vanuatu, fiji, solomon island ada, sedangkan Puerto Rico ga ada….

Akhirnya coba pake ekspedisi asing macam fedex, sebelum memutuskan ok, jelas browsing-browsing dulu soal fedex, dan hasilnya banyak negatifnya (masalah biaya yang mencekik), dan menurut salah satu forum terbesar di indonesia banyak yang menyarankan tidak make fedex karena banyak hidden fee-nya. Tapi kalo ga mencoba kan ga tahu sendiri bagaimana layanan fedex, akhirnya telp fedex, dan setelah tanya ini itu, akhirnya aku nyebutin negara tujuan (alhamdullilah ada), terus ditanya kota tujuan, aku dengan jelas pake di eja juga  sebut ‘ San Juan”  (lha ini ibukotanya lho), tetapi apa yang teradi, ternyata di database-nya fedex ga ada, dan aku diminta sebutin zip code-nya 00924 , ga ada pula…lha gimana donk?? Akhirnya dengan berat hati aku tidak bisa mendapatkan estimasi biaya kirim.

Masih belum menyerah, akhirnya telp JNE, yang katanya accros nation service gitu. Setelah telp dan diterima dengan petugas dengan ramah, aku sebutin nama negara (ketemu), kota tujuan (ketemu), isi dokumen 1 buah jurnal yang beratnya tidak sampai 500 gr. Well, akhirnya setelah dikalkulasikan harganya 900an ribu rupiah (secara spontan aku teriak ‘hah??nggak salah mbak??) mbaknya dengan santai bilang itu harga termurah. AKhirnya si mbak petugas ngasih solusi, kalo bentuk dokumen (kertas) bisa lebih murah (wuih..aku berharap mode on), akhirnya aku bilang kalo kirim ‘kertas’ lima lembar berapa haha….setelah dihitung kena 400an ribu rupiah…huaaaa…masih mahal….jauh lebih murah kao dikantor pos sebetulnya. sayang ga ada ke negara tujuanku.

AKhirnya dengan sangat terpaksa, tuh jurnal akan di scan dan dikirim via email. GRATIS, case closed.

Advertisements

Tagged: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: