ASIX di RSD Sidoarjo

Ternyata waktu 3 tahun membawa banyak perubahan dirumah sakit pelat merah dikota sidoarjo tercinta. Tiga tahun yang lalu tepatnya bulan april 2009, keke lahir di rumah sakit ini by SC, waktu itu masih awam sama bayi dan dunianya (anak pertama sih) dan ortu juga masih menganut paham lama, satu2nya sumber yah internet. Karena memang waktu itu anak pertama lahir sebulan lebih awal, jadi yah masih belum maksimal berburu info-nya. Ok back to ASIX, 3 tahun lalu seluruh bayi yang dilahirkan dirumah sakit harus nerima kalo bayinya dapat susu formula kalo nggak bilang di awal bahwa itu bayi ASI. Nah sama dengan keke, karena aku panik harus SC mendadak, jadi kelupaan kalo bayi harus minum ASI.
Tahun ini, kembali ke rumah sakit tersebut, dan ternyata sudah banyak berubah. Sejak, setahun yang lalu rumah sakit ini sudah mencanangkan pemberian ASI pada seluruh bayi yang lahir disana. Wah kebetulan, sebetulnya aku sudah pesan minta IMD waktu lahiran nanti meski SC, tapi dengan syarat kondisi ibu dan bayi sehat. Ternyata, pas hari H kondisi bayi nggak memungkinkan untuk itu karena prematur dan perlu langsung diobservasi. Dokter SPOG juga bilang bahwa meski nggak IMD nanti baby tetap dapat ASI karena itu program wajib di rumah sakit.
Ternyata benar, bayiku selama 24 jam tidak diberi minum nunggu aku kasih ASI, dan ternyata si baby sudah sangat pinter minum ASI waktu aku datang kasih minum 24 setelah SC. Kurasa itu salah satu kemajuan bagi rumah sakit pemerintah tersebut, dan juga bagi para bayi karena kalo ingat tahun 80an sampai awal 2000an, dimana domnasi susu formula sangat kuat, sehingga para ibu (bahkan yang tidak bekerja) sangat menggandrungi pemberian sufor bagi bayi dan menurut mereka sufor memberikan prestice tersendiri dibanding ASI. Tapi sekarang, semua back to nature dimana ASI sudah semakin diketahui manfaatnya dan banyak para ibu yang semakin peduli akan pentingnya ASI, dan kurangnya dominasi industri sufor di rumah sakit maupun dengan dokter. Tugas selanjutnya adalah bagaimana memproduksi ASI yang sehat dan bergizi for baby.

Advertisements

Tagged: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: