Its a boy

Nggak nyangka kamis tanggal 28 juni menjadi hari kelahiran my 2nd baby. Karena memang due untuk lahir secara sesar diperkirakan pada tanggal 5 Juli 2012 (week 38), dan kalo normal due 20 Juli. Yah memang kehamilanku bisa dipilihkan antara normal (krn posisi baby ok dan jika aku nggak ada masalah sama pre-eclamsi), dan akan sesar jika pre-eclamsi menyerang. Berdoa semoga nggak pre-eclamsi, sampai pada week 35 so far so good, tapi menjelang week 36, tensi mulai naik dari yang biasa 120/80 menjadi 150/100, wah tanda2 nih, seperti my first baby. akhirnya dokter memberikan dua pilihan, istirahat dirumah selama 1 minggu (sambil nunggu perkembangan) atau masuk rumah sakit 1-2 hari untuk program paru maturity just in case kalo si baby akan dilahirkan sewaktu-waktu. well, daripada kenapa2, akhirnya milih opsi yang kedua, jadilah mausk rumah sakit meskipun cuma sehari, jumat sore masuk dan sabtu sore pulang.
Tensi sudah back to normal, everything looks good at that moment, tapi pada hari kamis pagi, kok perut bawah sering ngerasa kenceng2 gitu yah?dan itu berulang kali meskipun rasanya mild, dan jam 11 siang pas ke kamar mandi lihat ada bercak darah (seperti mau haid hari pertama), jadinya aku panik, sms sana-sini dan ternyata hasil sms mengatakan itu adalah tanda-tanda baby mau lahir, walah….lha kok cepet amat hehe…daripda kenapa-napa dan bingung mencari jawaban aku sms dokter spog-ku yang ternyata ga aktif hp-nya. ya sudah ke rumah sakit, disana minta dipanggilkan dokter spog-ku. dan ternyata OMG dokterku lagi vacation ke SG hingga hari minggu…apa bisa bayiku nunggu hingga minggu?
Akhirnya aku periksa ke doketr spog yang ada saat itu, dan kebetulan memang ada, perut di usg dan ternyata baby sudah kecil seukuran baby di week 33 (hah? kok bisa?, lha aku hamil sdh 36/37 minggu, dan itu sudah 2 spog yang menyatakan demikian, aku memang periksa di 2 spog). Akhirnya si dokter spog dirumah sakit menanyakan haid terkahir yah (lupa), lha mana aku ingat hehe…bayi sdh mau lahir kok ditanya kapan haid terkahir atau apalah kwkw…trus yang bikin khawator adalah ketuban sudah sangat menipis so jika kehabisan bisa sangat berbahaya bagi baby dan tensi saat itu 140/100 hmmm. jadi ada opsi aku harus melahirkan hari itu juga, antara seneng dan nervous juga sih, seneng krn aku memang pengen cepet2 melahirkan (resiko eclamsi menunggu dan hamilku yang kedua ini sungguh2 berat bagiku buat beraktivitas hehe…alesan ajah) nervous karena aku nggak melahirkan dengan dokter spog yang biasa memeriksa aku, melainkan dengan dokter yang baru pertama ketemu langsung operasi aku…jadi belum ada chemistry istilahnya…itu yang bikin nervous.
Tapi akhirnya aku dan suami memutuskan untuk ok sesar hari itu juga dnegan banyak pertimbangan, diantaranya keselamatan dan yang kedua aku takut kelahiran normal (meskipun banyak yang mendorong untuk itu)…tapi aku masih belum pede…yah kalo soal itu bolehlah aku dibilang coward…
yup akhirnya disepakati jam 4 sore aku masuk ruang operasi dan selama itu aku nunggu dikamar dan nggak boleh makan dan minum sampe waktu yang telah ditentukan…
jam 4 tepat aku diantar ke ruang operasi, ditemani oleh mama dan suami, jam 4.30 masuk ruangan dan mulailah standar operasi disiapkan termasuk proses pembiusan. Kurasa sesar nggak makan waktu lama, kurang lebih jam 4.45 aku dibius lokal, jam 5.10 baby sudah lahir dan dia laki-laki sesuai prediksi sebelumnya. Berat badan sesuai usg yakni 2.3kg, so small buat baby umur 36/37 week, tapi dia sehat karena aku denger nangisnya kenceng banget. Tapi ternyata si baby boy ada masalah dengan kadar gula yang menurut hasil tes sangat kurang sehingga harus diberi cairan melalui infus, dan masuk inkubator to keep him warm.

Advertisements

Tagged: , ,

One thought on “Its a boy

  1. hijab modern January 6, 2014 at 5:29 am Reply

    “And not show of their adornment except only that which can be apparent.” [Noble Quran 24:31]. “And remain inside your houses and do not display yourselves like that on the times of ignorance.” It truly is in no way logical that the hijab itself be a source of show.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: