Jahitan SC berdarah

Hari ke 5 pagi hari, waktu ngaca aku ngelihat rembesan darah warna hitam di plester anti air-ku, panik dan takut kalo2 jahitan lepas, pagi itu juga aku back to RS dan kontrol ke dokter yg SC aku, eh ternyata dokter lagi keluar kota seminggu, akhirnya aku minta dokter spog siapa saja yg ada saat itu. Hasilnya, ternyata ada genangan darah dibalik kulit yang dijahit, dan darah itu yang bikin aku susah jalan (sakit oiy) so harus dikeluarin melalui sela-sela jahitan, hampir 1 jam jahitanku dipencet2 agar darah yang sudah menghitam dan sebagian sudah bentuk gumpalan dipaksa keluar, sumpah banyak banget (kata suamiku yang melihat), trus setelah hampir habis jahitan ditutup pake plester, dan tada ternyata aku bisa jalan lebih enak, ringan, dan nggak sakit lagi.
Apa selesai sampe disitu? ternyata tidak, jadi sisa2 darah yang masih terperangkap masih ada dan keluar sedikit demi sedikit, jadi dalam hitungan jam perban yang kupake (bukan yang anti air) pun tembus bahkan sampe ke celana, akhirnya keesokan harinya balik ke RS buat ganti perban dan bersiin darah (sekali dua kali pencet darah sudah habis), diperban lagi, dan suamiku inisiatif buat beli perlengkapan DIY merawat luka yang mengeluarkan darah, seperti kasa steril, alkohol, dan plester, itu setelah melihat perawat yang menganti perbanku yang ternyata yah sesimpel merawat luka. Pertimbangannya krn luka jahitku masih terus mengeluarkan darah (sedikit tapi pasti) dan kita males bolak-balik RS, makanya tiap bocor perban kita ganti sendiri.
KOntrol hari ke 9, masih mengeluarkan darah meski sudah jauh berkurang tapi belum kering, jalan sudah enak sudah nggak sakit, cuma yah itu tadi, darah masih keluar meski warnanya sudah mulai terang (kecokatan/coklat muda).
Hari ke 11, aku kontrol ke dokter yang SC aku, disana aku keluarkan semua keluhanku soal jahitan yang tak kunjung kering, ketika diperiksa:
me: dok, ini jahitan mengeluarkan daah terus
dok: coba saya lihat, hmmm ini sih gpp, jahitan sdh bagus, tinggal dikit sudah nutup semua
me: tapi dok, kok keluar terus darahnya, kenapa
dok: yah ada pembuluh darah yang putus sehingga darah keluar dan terperangkap dibawha kulit (kurlep yg kutangkap spt itu) dan akan kering kalo darah (baca cairan) sdh keluar semua
dok: makanya rajin2 pencet2 (lubang) jahitan pas mandi biar cepet habis, nggak usah pake perban, mandi ajah seperti biasa, luka disabun ajah pake sabun antiseptic (lifeboy atau detto), trus selse itu dioles salep yah.
me: hah? mandi dok? dipakein sabun?gpp?
dok: gpp, biar cepet sembuh, jgn lupa makan protein hewani (telur, daging, ayam), makan yang banyak
me: telur dok?
dok: iyah
me: ok, thanks dok
Hari ke 12, pagi, aku mandi, jahitan aku bersiin pake air mengalir (tapi msh lum berani bersiin pake sabun), habis itu aku keringin dan pake salep trus yah sudah (pura2 jahitan is fine), tetapi yang terjadi adalah darah (cairan) masih keluar dan tembus ke celana, nah karena aku agak ga nyaman, akhirnya aku tetep pake kasa tapi nggak di plester, jd ditempel saja, kl kasa sudah coklat diganti, sehingga nggak cepat tembus ke celana.
Hari ke 16, kontrol lagi ke dokter karena tiba2 kalo jalan kok kerasa nyeri, ternyata ketika diperiksa, pak dokter bilang aku krg rajin pencet2 cairan agar keluar, ternyata setelah dikeluari jalan jd enteng, jadi aku makin rajin ajah keluarin cairannya, dan aku nggak tau pasti akhirnya cairan yang keluar dari sela2 jahitan berkurang dan habis. Hari ke 27 waktu kontrol, cairan sudah habis dan luka sudah nutup semua (kering), alhamdullilah semua sdh berakhir, padahal aku sudah snagat panik soalnya tuh darah hampir 23 harian keluar terus, meski akhirnya habis dan jahitan kelihatan seperti sedia kala, cantik.
so, ingat kata dsog-ku, yang panik cukup dokternya ajah hehe…

Advertisements

Tagged:

2 thoughts on “Jahitan SC berdarah

  1. nisha June 26, 2015 at 12:36 pm Reply

    sis aku mo tanya aku kan jg ngalamin kjdian ky sis..jahitan secar keluar darah..cara untuk ngeluarin darahnya gmn ya sis?trus pake salep ap?

  2. sella July 15, 2017 at 12:44 pm Reply

    Makasih bunda cukup bagus untuk pelajaran saya soalnya sekarang saya sedang mengalami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: