Balita NetGen

webbanner-androtab-new-02_01

Ternyata balita pada era netgen itu harus kenal gadget. Entah dari teman sepergaulan, pengaruh televisi, atau memang itu sudah menjadi gaya hidup para balita netgen. Mulai dari HP, BB, hingga yang terbaru adalah tablet yang bisa digunakan untuk nge-game atau browsing internet. Jadi bisa dikatakan bahwa jaman balita era netgen ini beda dengan ibu-bapaknya, para balita netgen ini begitu buka mata sudah kenal dengan teknologi (komputer, mobile phone, dan tablet).

Begitu juga dengan baby kay, yang sekarang sudah menginjak usia 3 tahun 8 bulan. Sekilas mengenai baby kay dan komputer, kay mulai mengenal komputer (laptop) sejak usia 2.5 tahunan, waktu itu hanya nonton video-video yang di download dari you tube, atau muter CD/DVD di laptop, awal-awal menggunakan laptop paling 1-2 jam sehari terus dilanjutkan dengan ketiduran. Selanjutnya video download dirasa kurang menantang, akhirnya minta nonton streaming youtube, dan ini bisa berjam-jam (karena interaktive dan buanyak video di youtube yang bisa dilihat), yang paling ekstrim baby kay ini bisa nonton dari sore hingga tengah malam (tidur juga sama laptop), bangun tidur langsung buka laptop….

Apakah orangtua khawatir melihat habit baru si anak? tentu saja, tapi memang kurasa era anak sekarang dengan jaman orang tuanya dulu sungguh berbeda. Kalo dulu ortu ditemani dengan permainan rakyat dengan teman sebaya, baca buku novel usang, atau mainan pasar2an dirumah, sekarang smuanya serba teknologi. Buku tetap dikenalkan pada anak, tetapi teknologi juga perlu karena tidak bisa dipungkiri kalo teknologi itu akan menemani si anak hingga dewasa (kasian kan kalo anak kita gaptek). Bagaimana mengarahkan balita netgen ini? ada beberapa hal positip yang saya rasakan dari adanya teknologi ini, antara lain:

1. Menjadikan anak lebih peka, jadi baby kay bukan asosial (menurut banyak teori nonton fim menjadikan anak susah untuk bersosial) tapi malah sopan, smua hal yang dia tonton selalu diimplementasikan dalam kehidupan dia. Misalnya dalam mengungkapkan rasa sayang, baby kay sangat peka dengan hal ini, sering peluk cium mama & ayah just because she watch barney and friends, say thank you in every occasion dimana dia merasa terbantu, say sorry, ketika dia berbuat salah, etc.

2. Menjadikan anak lebh kreatif, banyak permainan dia diilhami dengan menonton film, misalnya membuat gajah dari kardus, membuat rumah princes dari kardus, membuat mainan angry birds, dan sering berimajinasi untuk mengekspresikan apa yang dia inginkan.

3. Banyak belajar bahasa (terutama bahasa Inggris), yup ini salah satu kelebihan teknologi yang tidak bisa dipungkiri banyak membantu anak, jadi seringkali saya terkaget2 karena ketika diajak bicara baby kay menimpali dengan bahasa lain yang saya belum pernah ajarkan.

Sebetulnya banyak sekali manfaat dari teknologi informasi ini (IMHO), tetapi tetap saja peran ortu dalam mengarahkan terutama mengawasi sangat diperlukan, karena tentu saja dari sekian banyak jam baby kay menonton youtube pasti pernah kecolongan, suatu malam baby kay teriak minta tolong dengan laptopnya, ternyata di gambar laptop ada adegan sadis (kalo nggak salah pertarungan ikan hiu hingga berdarah-darah), dan that was shocking me up.

Sebulan yang lalu laptop kay rusak, jadi seringkali dia mengintervensi laptop mama dan ayahnya, so, sebagai reward karena dia sudah menjadi anak yang baik, dan sebagai bagian dari baby netgen, jadilah hari ini baby kay dapat hadiah tablet smartfren andromax, meskipun sederhana tapi baby kay lumayan suka dah mulai nge-game angry birds dan nge-you tube. Oya, video favorit baby kay di you tube adalah all about angry birds, baby tv songs and movie, nerdy nummies, mister maker, barney and friends, yah acara anak-anak.

Advertisements

Tagged: , , , ,

One thought on “Balita NetGen

  1. Bless Jerusalem Partners March 26, 2015 at 5:10 pm Reply

    Appreciation to my father who informed me regarding this blog, this blog is truly amazing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: