Blogging UNAIR, dan hobi yang terlupakan

Menulis blog merupakan salah satu aktivitas favorit saya sejak lama, meskipun kesibukan di kampus sempat menghentikan kegiatan menulis diary online ini selama kurang lebih 2 tahun. Menulis blog sudah saya lakukan sejak munculnya weblog pada awal tahun 2005, waktu itu masih menggunakan friendster (lupa nama blognya), waktu itu isinya hanya seputar aktivitas sehari-hari yang lucu, konyol, sedih, marah, dan kecewa.  Kemudian ketika friendster berlangsung memudar dan ditutup, maka kegiatan blogging beralih ke WordPress sejak tahun 2006, saat itu belum ada sosial media seperti sekarang ini. Selain WordPress,  sempat pula memiliki private picture blog yang tidak untuk konsumsi publik, dan tentu saja blog civitas UNIVERSITAS AIRLANGGA dengan alamat http://noveanna-fisip.web.unair.ac.id/. Jika blog WordPress banyak berisi daily activity, lain halnya dengan blog UNAIR dimana isinya banyak terkait materi kuliah, tugas kuliah mahasiswa, lowongan pekerjaan dibidang perpustakaan, dan call for papers. Mengapa suka menulis di weblog? sebetulnya yang paling menyenangkan bukan ketika menulis konten blog melainkan ketika membaca kembali kejadian/peristiwa yang pernah terjadi, dan dengan menulis kita jadi ingat banyak hal akan peristiwa dalam hidup kita. Selain itu, blogging menyenangkan karena basicly i love to share, share any information about my experience.

Memanfaatkan fasilitas blog dari Unair

Memanfaatkan fasilitas blog dari Unair

Pada awalnya, blogging saya lakukan secara rutin, minimal seminggu sekali posting something fun or akademik, ternyata, banyak hal yang berhasil menghambat untuk sekedar say hello di blog. Seiring berjalannya waktu, bahkan sampe lupa password dan username of my blog. Tidak pernah membuka lagi, dan sudah lama tidak membaca postingan, melihat foto, dan cek komentar. Ditambah pula dengan akun blog yang di-suspended oleh web hosting karena lupa belum dibayar biaya tahuannya.

Finally, the momment is coming, 2 minggu lalu sempat membayar dan mengaktifkan kembali blog pribadi, juga sudah meminta mahasiswa melakukan blog posting untuk tugas mata kuliah jejaring informasi perpustakaan, dan yang terakhir baca di postingan group WA Fakultas Vokasi AIRLANGGA UNIVERSITY bahwa ada blogging competition 2016, hahaha what’s a coincident dimana hobi untuk ber-blogging ria bisa tumbuh lagi.

Blogging di UNAIR memang bukan merupakan hal baru, melainkan sudah lama digagas, UNAIR menyediakan akun blog civitas kepada seluruh mahasiswa dan dosen yang bisa
digunakan untuk knowledge sharing dan membangun pofile ilmiah. Namun sayang, tidak banyak civitas akademia Unair yang memanfaatkan blog civitas, hanya beberapa saja. Ternyata teknologi tidak selamanya membantu menyelesaikan masalah, jika tujuan utama adanya blog adalah untuk berbagi pengetahuan, maka dalam hal ini membagikan blog kepada seluruh civitas bukan jaminan semua akademia akan membuat blog post dan membagi seluruh pengalaman, pengetahuan, kemampuan kepada orang lain.

Materi untuk lomba blog Unair

 

Advertisements

Tagged: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: