Taman Abhirama, Alternatif Play Ground di Sidoarjo

Taman Abhirama

Taman Abhirama

Ingin liburan hemat? Dekat dari rumah dan bebas macet? Ya, masyarakat kota sidoarjo bisa berkunjung ke taman yang satu ini. Taman Abhirama yang terletak di pertigaan lingkar barat dan pondok jati ini sudah setahun banyak mengalami perubahan. Pemerintah kabupaten sidoarjo serius menggarap taman-taman d Sidoarjo sebagai salah satu fasilitas umum yang bisa dimanfaatkan secara gratis oleh seluruh lapisan masyarakat.

Punya kesempatan berkunjung (untuk kesekian kali) di taman abhirama pada liburan tahun baru, 2 januari 2017. Pengunjung sangat ramai, seperti seminggu terakhir ini. Puluhan mobil dan sepeda motor terparkir rapi didepan taman. Meskipun ramai, tapi kita berenam tetap masih bisa merasakan kenyamanan taman ( baca: masih dapat tempat duduk bawah pohon), dan anak-anak bermain dengan leluasa.

Kolam ikan abhirama

Kolam ikan abhirama

Taman ini juga banyak memiliki fasilitas permainan anak (play ground) baik out door maupun semi outdoor. Lokasi yang tidak begitu jauh dari pusat kota (alun-alun) menjadikan taman ini sebagai tempat bermain di kala weekend, ataupun sore hari. Jika menggunakan rute linkar barat dari arah gor, pasti melewati taman ini.

Fasilitas taman abhirama

Pengunjung bisa bersantai sambil memberi makan ikan di kolam

Pengunjung bisa bersantai sambil memberi makan ikan di kolam

Kolam ikan, kolam ini dipenuhi ikan tombro, mas warna orange dan ikan nila yang sangat banyak. Pengunjung bisa duduk santai ditepi kolam atau ditengah gazebo yang terdapat di tepi kolam. Selain itu, anak-anak juga bisa memberi makan ikan, dengan membeli pakan ikan dipintu masuk seharga 2 ribu rupiah.

Capek? bisa istirahat sambil lesehan dan nemenin anak bermain

Capek? bisa istirahat di semi indoor playground sambil lesehan dan nemenin anak bermain

 

 

salah satu sudut inddor playground

salah satu sudut inddor playground

Semi indoor playground, disini pengunjung wajib melepas sandal/sepatu karena diarea ini terdapat karpet yang menyerupai rumput sintetis, disertai dengan pkayground dari kayu yang didesain menyerupai bukit. Anak-anak bisa naik turun disini dengan aman, sementara para orang tua bisa duduk lesehan sambil mengawasi anak mereka.

Outdoor playhouse yang banyak menyita perhatian anak-anak

Outdoor playhouse yang banyak menyita perhatian anak-anak

Outdoor pkayground, seperti taman bermain pada umumnya, ayunan dan perosotan menjadi icon wajib, begitu juga disini. Ada juga seperangkat mini gym bagi anak-anak, giant play house yang terbuat dari besi. Dibanding alat permainan di alun-alun, di taman ini rata-rata permainan masih terawat 80% dalam kondisi baik. Ada juga beberapa patung delman, naga, mobil, yang bisa dinaikin anak-anak.

Gazebo, banyak gazebo untuk bersantai atau piknik di bagian belakang taman. Depan gazebo juga terdapat kolam pancing yang sayangnya kurang terawat. Anak-anak jarang bermain ke area ini.

Toilet, jangan khawatir kalo tiba-tiba si kecil ingin kebelakang, taman ini juga dilengkapi dengan toilet, dan sediakan uang 2 ribu setelah menggunakan toilet disini. Toilet cukup bersih dan terawat, lokasinya ada dibagian belakang taman.

Abhirama mini market

Abhirama mini market

Warung, tidak banyak warung disini. Hanya terdapat 2 kios makanan kecil (snack) dan minuman botol yang dikelola oleh dinas kebersihan dan pertamanan. Jadi kalo ingin makanan berat, sebaiknya membawa sendiri.

Parkir yang luas didepan pintu masuk

Parkir yang luas didepan pintu masuk

Tempat parkir, ditaman ini tersedia lahan parkir yang cukup luas dan terdapat petugas parkir juga. Jadi jiks ingin membawa motor atau mobil jgn khawatir jika ingin parkir di taman ini.

Fasilitas umum memang harus serius diperhatikan oleh pemerintah. Jika ingin masyarakatnya bahagia maka perlu diciptakan tempat-tempat yang mendukung kegiatan tersebut. Public space yang nyaman, bersih dan bisa diakses secara gratis merupakan salah satu dambaan masyarakat. Disana masyarakat bisa berekreasi, bersantai, berkreasi, bersosialisasi dan bermain. Jika di sebuah kota terdapat banyak public space baik untuk anak-anak, remaja, orang tua, dan seluruh kelompok masyarakat maka budaya positif, dan kreatifitas bisa dibangun, dan outputnya adalah masyarakat yang bahagia dan selalu berpikir positif. Semoga banyak public space yang akan di bangun di kota sidoarjo di tahun 2017.

Advertisements

Tagged: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: