Save traditional market: pasar ikan sidoarjo

Suatu pagi di hari minggu, ketika matahari mulai menampakkan sinarnya, saya dan keluarga pergi berbelanja ke pasar ikan sidoarjo. Anak-anak agak kaget juga karena mereka belum pernah ke pasar ikan before. Ok, bulatkan tekad untuk their first experience. Kenapa memilih pasar ikan? Hal ini bermula ketika trio mulai doyan ikan, terutama ikan bakar kecap dan ikan filet goreng tepung. Seringkali, ketika beli ikan dapat yang kurang fresh bahkan kadang sudah berbau (fyi, saya kurang suka bau amis ikan).

Pasar ikan sidoarjo berlokasi di jalan lingkar timur. Kalau dari kota (alun-alun) bisa masuk melalui bluru kidul, kemudian ikuti jalan tersebut ke arah timur hingga menemui lampu merah lingkar timur dan belok kanan. Kurang lebih 200 meter sebelah kiri jalan, nah itulah pasarnya. Saat itu nyampe pasar pukul 07.30 pagi, masih lumayan rame dan masih banyak ikan yang digelar.

tongkol

tongkol

ikan-ikan laut

ikan-ikan laut

Pasarnya tidak terlalu besar, ada lahan parkir yang luas, bangunan untuk menjual ikan dengan skala besar. Di bagian timut terdapat bangunan semi indoor, nah disitulah tempat penjual ikan eceran yang pembelinya banyakan dari kalangan rumah tangga. Untuk kebersihan pasar ikan, saya rasa masih kurang, meskipun lantai berkeramik namun air es sisa pembeku ikan masih membanjiri lantai, bahkan anak-anak tidak mau masuk ke pasar karena air yang menggenang dan bau amis khas pasar ikan.

fresh mujair

fresh mujair

Ikan apa yang ada disana? Wow, plenty. Mulai ikan air tawar, payau, dan asin kumpul semua. Fokus pagi itu cari mujaer nila untuk di bakar kecap, dan gurame untuk asam manis. Saya sempat panik karena ikannya banyak sekalii dan so fresh (beberapa jenis ikan masih hidup). Soal harga? Wah jangan ditanya, mujair nila ukuran sedang-besar 25 ribu/kg, gurame 30 ribu/kg, kalau masih hidup dan berenang di air 32 ribu/kg, fresh tongkol 30 ribu/kg, dorang 60 ribu/kg, baracuda 40 ribu/kg, patin 19000/kg,  udang, cumi, kerang, semua ada dan so fresh n cheaper. Haha jadi kayak penjual ikan yang hapal harga-harga, sungguh surga ikan segar dan menggiurkan untuk segera dimasak.

 

Advertisements

Tagged: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: