Workshop Lukis Kerudung with Dharma Wanita Vokasi

Ada yang berbeda di Ruang Rapim 1 Fakultas Vokasi hari Jum’at lalu. Banyak ibu-ibu berkumpul memegang kerung warna-warna, kuas dan cat tekstil, buku gambar dan mereka tampak serius. Yah, Dharma Wanita Fakultas Vokasi pada hari Jum’at lalu memiliki gawe dalam rangka memperingati hari Kartini 2017, kegiatan yang diikuti oleh wanita ini bertajuk workshop melukis kerudung dan tas. Acara tersebut diikuti oleh sekitar 30 ibu-ibu dharma wanita Vokasi dan didampingi langsung oleh pelaku usaha lukis kerudung dan tas. Dimulai pukul 11.00-13.00 ibu-ibu dharma wanita langsung excited begitu melihat hamparan kerudung warna warni dan seperangkat alat lukis, dan dengan seksama mengikuti instruksi dan langung mempraktekkan.

Untuk media lukis ini sebetulnya tidak hanya bisa diaplikasikan pada kerudung atau tas kain saja, melainkan bisa untuk dompet kain, sepatu kanvas, rok, dan bahan kain lainnya. Cat yang digunakan juga harus cat khusus tekstil yang memang tahan lama dan tidak luntur ketika dicuci. Baiklah berikut adalah step by step metode melukis kerudung ini:

1. Membuat sketsa, jika tidak punya sense of art, bisa mencari gambar di internet dan di print. Untuk gambar, karena kerudung ini sangat wanita banget kebanyakan gambar-gambar yang dipilih bernuansa bunga. Jika suka menggambar, bisa membuat gambar sendiri sesuai selera di sebuah kertas buku gambar ukuran A3. Bahkan jika pede bisa membuat sketsa abstrak sesuai keingin hati hehhe.

Sketsa pada tas kanvas

2. Menaruh kain kerudung di atas kertas sketsa tadi di posisi yang diinginkan, misalnya di ujung bagian belakang kerudung. Usahakan posisi kerudung tidak bergeser dari sketsa-nya, untuk itu bisa enggunakan alat penjepit berbentuk lingkaran.

3. Memberi warna dasar pada gambar, setelah posisi kerudung dan kertas sketsa pas, maka selanjutnya adalah memberi warna dasar dengan menggunakan cat warna putih di seluruh kerudung sesuai sketsa. Lanjutkan dengan proses pengeringan cat bisa diangin-angiinkan atau di hair dryer.

Pengeringan

4. Memberi warna, setelah kering hasil gambar tadi bisa mulai diwarnai sesuai dengan keinginan kita, dan kita juga bia bereksperimen dengan menggunakan warna-warna kontras lainnya.

5. Pengeringan, setelah semua sudah selesai, selanjutnya adalah pengeringan kerudung dengan hair dryer atau di angin-anginkan.

Suasana worshop

Bu Kadep Kesehatan in action

Bu Kadep Bisnis dan nice orange-nya

Mine piece of work haha

Mudah bukan, oya semua jenis kerudung bisa dilukis, namun untuk pemula sebaiknya menggunakan kerudng berbahan paris yang murah meriah sehingga jika ada kesalahan tidak menimbulkan kerugian yang besar.

re-post from http://noveanna-vokasi.web.unair.ac.id/artikel_detail-173303-DIY-Lukis%20Kerudung%20Workshop.html

Advertisements

Tagged: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: