Menjadi mahasiswa baru

Setelah lebih dari sepuluh tahun menunggu, akhirnya kabar gembira ini tiba. Ya Allah, ternyata engkau punya jalan cerita sendiri bagi ku. Tahun 2019 adalah break through setelah kuliah terakhir tahun 2008, sekarang, 11 tahun kemudian aku memasuki bangku kuliah lagi. Memang selama ini aku hanya berjuang di 2 tahun terakhir, mulai menyiapkan proposal dan berbagai lamaran beasiswa, dari tahun 2017 hingga 2019 ada beberapa beasiswa yang pernah aku ikuti, AAS tahun 2016 dan 2018 hasilnya gagal, LPDP tahun 2018 dan gagal, Budi LN tahun 2019 dan gagal. Wah rasanya gagal berkali-kali itu sesuatu, rasanya aku sudah nggak layak untuk lanjut kuliah ini. Sedih banget rasanya, tapi tetap aku tidak patah semangat.

Akhirnya tahun 2019, ada kabar gembira dari kampus tempat aku bekerja dan mengabdi, bahwa ada program beasiswa / bantuan kuliah S3 keluar negeri. Unbelievable, dan ternyata aku adalah penerima beasiswa tahap kedua, tahap pertama tahun 2018. Alhamdullilah, ternyata kerja keras dan doa terkabul. September 2019, berangkatlah aku ke University of Malaya, Kuala Lumpur untuk melanjutkan studi Library and Information Science under Faculty of Computer and IT. Aku mengambil PhD program (reserach based), tetapi tetap ada syarat perkuliahan yang harus diambil yakni advanced reserach method dan bahasa melayu. Menjadi mahasiswa baru bukan masalah mudah, apalagi di usia yang sudah kepala 4, memiliki anak usia TK dan SD di rumah, dan suami. Sungguh dilematis bagaimana akhirnya aku memutuskan untuk meraih ilmu di negeri tetangga dengan meninggalkan pekerjaan dan keluarga. But, my husband is always support, he always said that I can do this. Now, I’m here, writing this blog from a room in Shah Alam.

I also have a great colleague who come earlier in KL, she support me and comfort me, so I feel like home and dont feel a homesick. Jadi tantangan terberat adalah mengalahkan diri sendiri, bagaimana mendorong diri sendiri untuk semnagat, tidak mellow, dan tetap berupaya ditengah kesulitan dan kebingungan sebagai seorang mahasiswa baru. Aku berharap akan dapat selesai (lulus) pada bulan Juli tahun 2022. So I can go back home and to see my family…yeeey….

Tagged: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: